Saturday, March 1, 2014

Tips Merawat Layar Laptop atau Netbook

Tips Merawat Layar Laptop atau Netbook

Tips merawat layar laptop

Banyak diantara kita yang memilih laptop atau netbook sebagai komputer portable kita karena mudah untuk dipindah-pindahkan dan juga lebih portable dari pada personal komputer.Perangkat ini lebih canggih dari personal komputer karena alat-alatnya atau hardwarenya yang lebih kecil dan mudah dibawa-bawa kemana-mana.Tetapi dibalik kecanggihan laptop karena hardwarenya lebih kecil, maka berbandng lurus juga dengan harga pembelian atau perawatannya.Oleh karena itu sebaiknya laptop atau netbook anda digunakan dan dirawat dengan baik dan benar.Bagaimana cara menggunakan dan merawat laptop dengan baik dan benar ? .Pada artikel ini saya akan membahas tentang sebagian kecil dari penggunaan dan perawatan hardware laptop atau netbook dengan baik dan benar yaitu penggunaan dan perawatan layar laptop atau netbook yang baik dan benar.Simak beberapa tips merawat layar laptop atau netbook dibawah ini :
  • Jangan menaruh benda diatas laptop atau netbook
    Jika anda mempunyai kebiasaan lama menaruh benda-benda diatas laptop atau netbook maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut karena akan berdampak tidak baik pada laptop atau netbook anda dan layar laptop atau netbook lah yang paling besar menerima dampakya karena secara langsung layar akan dikenakan beban yang berat.

    Kalau terus meletakkan benda diatas laptop atau netbook lama-kelamaan bisa menyababkan layar laptop atau netbook anda menjadi rusak atau usia pakainnya menjadi pendek.Apa yang menyebabkan ? karena layar terus menerima beban berat dimana layar adalah hardware yang rentan rusak dan seharusnya diperlakukan dengan baik dengan tidak memberinya beban yang berat.
  • Jangan di tutup langsung
    Ketika sudah selesai mematikan laptop atau netbook anda usahakan mendinginkan dulu atau mendiamkan laptop atau netbook anda supaya dingin untuk beberapa saat sekitar 10 menit supaya laptop atau netbook menjadi lebih dingin.Setelah itu baru menutup layar.

    Apa dampaknya kalau ketika sudah mematikan laptop atau netbook layarnya langsung ditutup ? jika anda langsung menutup layar ketika sudah selesai mematikan laptop atau netbook akan memperbesar kemungkinan kerusakan layar laptop atau netbook anda karena ketika laptop atau netbook dioperasikan atau digunakan maka akan panas dan ketika sudah dimatikan juga akan masih terasa panas.Jika langsung didekatkan dengan layar maka akan memperbesar kemungkinan umur layar laptop atau netbook menjadi lebih pendek karena layar laptop atau netbook akan cepat rusak jika terkena panas yang berlebihan.
  • Pakai screen protector
    Bagi anda yang menginginkan perlidungan yang lebih, bisa dengan memakai pelindung layar atau sering disebut dengan screen protector.Dengan menggunakan screen protector juga akan menambah perlindungan layar laptop atau netbook anda karena akan meminimalisir goresan yang akan terjadi pada laptop atau netbook anda karena sudah diberi lapisan (diberi screen protector).

    Bagi anda yang ingin menggunakan screen protector untuk laptop atau netbook anda maka mungkin akan bingung ingin memilih screen protector yang mana, karena screen protector banyak jenisnya.Oleh karena itu saya juga akan menjelaskan tentang jenis-jenis screen protector dan juga screen protector apa yang paling bagus untuk anda.Berikut ini adalah beberapa tipe dari screen protector :

    Screen protector clear / screen protector biasa
    Screen protector clear disebut juga dengan pelindung layar biasa karena hanya berfungsi untuk melindungi layar dari goresan dan debu.Pada screen protector ini tidak memiliki fungsi lain selain melindungi dari goresan dan debu.Karena bersifat umum maka screen protector ini akan mudah ditemui di pasaran dan umumnya juga harganya lebih murah dari screen protector tipe yang lain.

    Bagi anda yang membutuhkan screen protector yang biasa saja, yang akan melindungi dari goresan dan debu dan tidak menginginka fungsi yang lain, sebaiknya anda memilih screen protector clear atau screen protector biasa.Screen protector biasa juga lebih murah jadi tidak akan menguras kantong anda dan laptop pun akan menjadi lebih terlindungi.

    Screen protector anti glare / screen protector anti silau
    Screen protector anti glare atau disebut juga anti glare karena screen protector ini selain berfungsi untuk melindungi layar laptop atau netbook dari goresan dan debu, juga akan membuat layar laptop atau netbook anda terlihat jelas pada saat anda mengoperasikan laptop atau netbook ditempat tebuka dimana sinar matahari lebih banyak daripada diruangan tertutup.

    Kalau anda tidak menggunakan screen protector atau menggunakan screen protector yang biasa maka kalau anda mengoperasikan laptop atau netbook di lar ruangan maka akan susah mengoperasikan laptop atau netbook anda karena sinar matahari yang lebih banyak oleh karena itu layar monitor anda akan memantulkan cahaya matahari yang banyak kemata anda yang menyebabkan anda menjad silau, pengoperasian laptop atau netbook juga akan terganggu.

    Tetapi dengan menggunakan screen protector anti glare (anti silau) tidak akan membuat anda kesulitan menggunakan atau mengoperasikan laptop atau netbook anda diluar ruangan karena ketika matahari memancarkan sinarnya ke layar laptop atau netbook anda maka sinar mataharinya tidak akan dipantulkan oleh karena itu anda akan bisa mengunakaan laptop atau netbook dengan baik dan nyaman.

    Bagi anda yang sering menggunakan laptop atau netbook diluar ruangan sebaiknya memilih screen protector anti glare karena akan membantu sekali kalau anda menggunakan laptop atau netbook diluar ruangan.Tetapi kebanyakan screen protector ini harganya lebih mahal daripada screen protector yang biasa.Jadi pikirkan juga dengan keuangan anda saat ini.

    Screen protector anti spy / screen protector anti mata-mata
    Sesuai dengan namanya, anti spy artinya anti mata-mata.Jadi screen ptrotector anti spy adalah screen protector anti mata-mata.Anti mata-mata ini maksudnya yaitu hanya kita saja yang bisa melihat apa yang kita akses pada laptop atau netbook, jika ada yang melihatnya dari samping maka orang itu tidak akan melihat konten yang anda akses.

    Cara supaya kita bisa mengoperaskan laptop atau netbook pada screen protector anti glare yaitu dengan membuat pandangan kita lurus dengan layar laptop atau netbook anda karena konten yang anda akses tidak akan bisa terlihat dari samping dan hanya bisa terlihat dari arah depan saja.Tidak meninggalkan fungsi utamanya juga, screen protector ini juga berfungsi untuk melindungi layar laptop atau netbook anda dari goresan dan debu.

    Tetapi kelemahan dari screen protector ini yaitu ketika layar anda tergores sangat lebar atau sangat dalam maka penyebaran cahaya akan tidak merata yang menyebabkan anda tidak nyaman melihat layar laptop atau netbook.Ketika menggunakan screen protector ini juga pengguna harus mengatur tingkat cahaya pada layar ke tingkat cahaya lebih terang dari biasanya oleh karena itu laptop atau netbook anda akan lebih cepat berkurang baterainya jika tidak terhubung ke listrik.

    Bagi anda yang ingin membeli screen protector dan tidak ingin ada yang melihat konten yang anda akses kepada orang lain, screen protector ini mungkin bagus untuk anda.
Demikian berapa tips untuk merawat layar laptop atau netbook supaya lebih awet dan tidak cepat rusak.Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.Anda bisa menjadikan tips diatas sebagai referensi karena beberapa tips tersebut juga merupakan pengalaman dari saya sendiri.Terimakasih sudah memaca artikel tentang tips merawat layar laptop atau netbook supaya lebih awet dan tidak cepat rusak.
Title: Tips Merawat Layar Laptop atau Netbook; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment