Wednesday, March 5, 2014

Tips Memilih Motherboard untuk CPU Komputer

Tips Memilih Motherboard untuk CPU Komputer

Tips memilih motherboard CPU komputer

Seperti namanya, Motherboard merupakan arti dari papan induk kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia.Motherboard merupkaan papan yang berfungsi untuk menyatukan semua komponen yang ada di dalam CPU seperti prosesor, RAM atau memory, hardisk, cd room dan banyak lagi komponen yang lainnya.Seperti diketahui bahwa merakit komputer atau memilih semua komponen komputer yang kita inginkan merupakan hal yang susah susah gampang.Gampang bagi yang sudah berpengalaman dan sudah mengatahui segalanya tentang komponen-komponen yang ada didalam CPU.

Tetapi bagi sebagian orang yang ingin merakit komputer sendiri mungkin akan dibingungkan oleh banyak tipe dari semua komponen dar CPU tersebut.Misalya seperti prosesor yang mempunyai socket yang berbeda-beda, tipe dari RAM yang berbeda-beda (ada yang DDR 2, DDR 3 dan masih banyak lagi tipenya) dan lain-lain.Sehingga ada juga yang percuma membeli salah satu atau beberapa komponen CPU karena tidak cocok dengan motherboard yang dibelinya, bahkan ada juga orang yang semua komponen CPU nya tidak cocok dengan motherboardnya dikarenakan hanya asal beli saja dan tidak memperhatikan tipe dan kecocokan dengan motherboard yang dibelinya.

Tetapi bagi anda yang ingin merakit komputer sendiri jangan merasa takut ataupun bingung karena pada artkel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih motherboard yang cocok untuk komponen CPU anda.Simak beberapa tipsnya dibawah ini :
  • Prosesor
    Ketika akan memilih motherboard usahakan lihat dulu tipe socket yang ada pada prosesor yang dimiliki.Contohnya yaitu misalnya kita punya prosesor intel core i5 dengan tipe socket LGA1155.Dengan demikian carilah motherboard yang spesifikasinya cocok dengan socket LGA1155.

    Bagaimana cara melihat apakan prosesor yang kita punya cocok dengan motherboard ? caranya yaitu dengan melihat spesifikasinya atau bisa juga dengan langsung menanyakan spesifikasinya kepada penjualnya, lihat pada bagian CPU socket atau tanyakan tipe CPU socketnya pada penjualnya.Jika pada bagian CPU socket menunjukkan kode yang sama maka motherboard tersebut cocok untuk prosesor yang kita pilih.

    Tetapi kalau kodenya berbeda maka sebaiknya cari motherboard yang mempunyai socket yang sama dengan prosesor kita, karena jika memaksakan untuk membeli motherboard tersebut maka prosesor yang kita miliki tidak akan bisa terpasang pada motherboard tersebut.
  • Memory atau RAM
    Pastikan juga ketika memilih motherboard, lihatlah dulu tipe dari memory atau RAM yang bisa dipasang pada motherboard tersebut.Pada motherboard sekarang lebih banyak memory atau RAM yang bisa dipasang adalah bertipe DDR 3, dengan begitu usahakan anda ketika membeli memory atau RAM pilih yang tipenya DDR 3.

    Jika anda membeli tipe selain DDR 3, misalnya DDR 2 maka akan sulit menemukan motherboard yang bisa dipasang memory DDR 2 karena sekarang kebanyakan motherboard sudah memakai atau dikhususkan untuk memakai DDR 3.

Demikian beberapa tips untuk memilih motherboard komputer.Tips pada artikel ini adalah bagian kecil dari tips untuk memilih komponen-komponen CPU bagi orang yang ingin merakit CPU sendiri dan tips yang saya tulis pada artikel diatas adalah pengalaman saya jadi jika ada kesalahan dalam tips diatas atau kekeliruan dari artikel diatas, mungkin juga pada tips diatas sangat sedikit tips yang saya berikan.Jadi untuk itu saya mohon maaf atas kesalahan tersebut.

Semoga artikel tentang tips untuk memilih motherboard komputer diatas bermanfaat bagi anda dan bisa dijadikan referensi dalam memilih motherboard bagi anda yang ingin merakit CPU komputer sendiri tetapi kurang mengetahui cara memilih motherboard yang cocok.Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena sudah membaca artikel yang saya tulis ini.
Title: Tips Memilih Motherboard untuk CPU Komputer; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

6 comments:

  1. Mantap gan, ane mw nnya klo instal windows 7 dan 8 gmna caranya ya ? Thanks gan artikel ny, membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo instal windows 8 dan windows 7 bisa gan, pakai dual boot.
      cara instalnya sama seperti instal windows biasa gan, nanti waktu start up nanti akan muncul pilihan akan menggunakan windows 8 atau 7.

      Delete
  2. Bagus penerangannya.Tapi adakah semua monitor boleh di pasang ke semua cpu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, tergantung kebutuhan aja. Monitor sebagai output aja. Klo monitornya bagus tpi VGA PCnya biasa aja, ya outputnya biasa aja.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. terimaksih untuk tips dan trik nya.

    ReplyDelete