Tuesday, March 25, 2014

Tips Merawat dan Menggunakan Baterai Laptop

Tips Merawat dan Menggunakan Baterai Laptop

Tips merawat dan menggunakan baterai laptop

Baterai merupakan salah satu sumber tenaga untuk laptop atau notebook supaya bisa dioperasikan selain menggunakan listrik. Anda bisa menggunakan listrik sebagai sumber daya laptop atau notebook anda. Tetapi ketika listrik tiba-tiba mati maka laptop atau notebook anda akan tomatis menggunakan daya baterai. Tahukan anda bahwa penggunaan dan perawatan baterai laptop atau notebook yang tidak baik dan benar maka akan mempercepat kerusakan atau memerpendek umur baterai anda ?. 

Bagi anda yang memiliki uang lebih untuk membeli baterai baru bisa saja, tetapi akan lebih baik jika anda merawat dan menggunakan baterai laptop ada dengan baik dan benar. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan berikan beberapa tips untuk menggunakan dan merawat baterai laptop supaya lebih awet. Simak tipsnya dibawah ini :
  1. Jangan men charge baterai laptop ketika baterai laptop diatas 15% karena setiap kita men charge baterai laptop maka baterai laptop akan kehilangan 1 cycle. Dimana setiap baterai ada cyclenya, maka ketika cyclenya habis maka sudah saatnya baterai laptop anda diganti karena sudah tidak layak pakai. Sehingga disarankan men charge baterai ketika persentase baterai dibawah 15%.

  2. Usahakan ketika menghidupkan laptop gunakan daya listrik dengan cara pakai charge laptop tetapi baterai laptop tetap terpasang. Tidak apa apa ketika persentase baterai laptop diatas 96% tetap di chage karena laptop dan baterai laptop sekarang sudah canggih, dimana ketika persentase baterai diatas 96% maka ketika mencharge laptop akan ada tulisan “plugged in, not charging” yang artinya baterai tidak di charge, dengan kata lain daya listrik akan langsung dialirkan ke laptop tanpa men charge baterai jadi tidak akan mengurangi cycle baterainya.

    Fungsi menggunakan daya listrik ketika persentase baterai lebih dari 96% adalah memperlambat cycle baterai karena pada saat itu cycle baterai tidak akan berkurang. Sudah dijelaska diatas bahwa cycle baterai akan berkurang jika baterai laptop di charge, tetapi kalau persentase baterai diatas 96% maka akan not charging ketika di hubungkan ke listrik.

    Tetapi jika persentasenya dibawah 97% maka sebaiknya gunakan daya baterai karena ketika dibawah 97% maka akan otomatis baterai di charge kalau menggunakan daya listrik.

  3. Usahakan memakai charge laptop yang asli. Ketika men charge laptop usahakan menggunakan charge laptop yang asli karena kemungkinan besar setiap laptop membutuhkan daya yang berbeda-beda (output atau keluaran dari charge berbeda-beda).

    Jadi usahakan menggunakan charge yang asli. Kalau membeli laptop baru sudah tentu charge yang ada di dalam dus laptop adalah charge asli. Tetapi untuk laptop yang sudah lama dan chargenya rusak atau hilang bisa membelinya di toko resmi laptop anda. Misalnya laptop dengan merek asus, jadi kalau ingin membeli charge asli datang ke asus centre dengan membawa laptop anda.

Tetapi seiring dengan pemakaian laptop yang bersangkutan, sudah tentu baterai laptop tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Hal itu adalah hal yang wajar karena setiap barang elektronik lama kelamaan pasti akan rusak. Begitu juga dengan baterai laptop, seiring kita menggunakannnya sudah tentu kualitasnya sedikit demi sedikit akan berkurang dan akan tidak layak pakai lagi.

Jadi jika baterai latop sudah tidak layak pakai (biasanya ciri-cirinya adalah life time atau waktu hidup laptop dengan baterai akan cepat habis dibandingkan dengan pada saat baru pertama dipakai) maka disarankan untuk membeli baterai yang asli karena produsen laptop sudah memperhitungkan berapa daya input atau masukkan yang bagus untuk laptop tersebut. Jadi usahan membeli baterai laptop yang asli karena kualitasnya lebih bagus. 

Demikian beberapa tips dalam merawat baterai laptop supaya awet. Semoga artiken ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih telah membaca artikel ini.
Title: Tips Merawat dan Menggunakan Baterai Laptop; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment