Sunday, March 23, 2014

Tips Merawat Hardisk Komputer

Tips Merawat Hardisk Komputer

Tips merawat hardisk komputer

Banyak dari kita yang tidak terlalu memperhatikan kondisi hardisk komputer. Hanya bisa memakai dan kurang merawatnya. Prilaku seperti itu kemungkinan besar lama-kelamaan akan membuat hardisk komputer rusak dan di dalam hardisk tersebut pasti ada banyak file-file penting. Pada saat itulah kita akan menyesal karena tidak merawatnya dengan baik.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk merawat hardisk komputer supaya awet dan bisa digunakan lebih lama lagi. Simak beberapa tips merawat hardisk komputer dibawah ini :

Matikan komputer dengan benar
Tidak bisa dipungkiri bahwa ada pengguna komputer yang mematikan komputer tidak dengan prosedur yang benar. Jika hal ini terus dilakukan maka lambat laun hardisk komputer akan mengalami bad sector. Itu disebabkan karena di dalam hardisk terdapat piringan yang berputar jika komputer digunnakan atau hidup, jika listrik mendadak mati yang disebabkan karena proses mematikan komputer yang tidak benar akan menyebabkan head pada hardisk akan menggores piringan hardisk. 

Oleh karena itu usahakan mematikan komputer dengan benar supaya tidak terjadi bad sector yang menyebabkan hardisk menjadi rusak. 

Lalu bagaimana jika sudah melakukan proses mematikan komputer dengan benar, tetapi tiba-tiba listrik padam yang menyebabkan komputer mati mendadak tanpa melakukan proses mematikan komputer dengan benar ? jawabannya adalah pakai ups, penjelasannya lihat pada tips selanjutnya dibawah ini.

Pakai UPS
Tidak bisa dihindari ketika listrik padam atau mati secara otomatis komputer akan kehilangan daya listrik. Meskipun sudah melakuan prosedur mematikan komputer dengan benar tetapi jika di daerah anda listik sering padam maka itu sama dengan sering mematikan komputer dengan prosedur yang tidak benar. Jika sering listrik di daerah anda padam juga akan menyebabkan hardisk bad sector Oleh karena itu sebaiknya pakailah UPS.

UPS adalah kepanjangan dari Uninterruptible power supply. UPS sama seperti baterai yang ada pada laptop, jika listrik tiba-tiba mati maka secara otomatis UPS akan memberikan daya listrik untuk komputer anda. Tetapi daya listrik dari UPS hanya bertahan beberapa menit ( umumnya 5 - 20 menit ). Dengan waktu berapa menit tersebut akan membantu kita untuk menyimpan pekerjaan hardisk dan melakukan proses shutdown dengan benar.

Jangan dekatkan dengan medan magnet
Hardisk adalah barang elektronik yang jika didekatkan dengan medan magnet menyebabkan lambat laun akan menjadi rusak. Oleh karena itu usahakan jangan dekatkan / jauhkan hardisk komputer dengan medan magnet seperti kipas yang ada pada CPU, speaker dan benda lainya yang bermedan magnet.

Lakukan defrag dan clean up secara berkala
Defrag artinya merapikan semua file yang ada pada hardisk. Sama halnya dengan lemari, jika ada banyak barang di dalam lemari perlu dirapikan agar proses pengambilan atau pencarian barangnya lebih cepat. Begitu juga dengan hardisk. Hardisk harus dirapikan (defrag) supaya ketika mengambil, membuka, mencari dan lain-lainnya menjadi lebih cepat.

Jika tidak di defrag maka akan menyebabkan hardisk akan bekerja keras untuk pengoperasian file yang akan dilakukan. Jadi defrag sangat penting. Lakukan defrag secara berkala maksudnya adalah melakukan defrag jika ada file yang ditambahan ke hardisk atau sekitar 2 minggu sekali (tergantung kebutuhan / tergantung waktu luang anda). Lakukan juga proses clean up pada hardisk anda supaya membersihkan file-file yang tidak berguna di hardisk untuk menambah ruang pada hardisk.

Jangan menutup rapat casing CPU
Pada casing CPU sudah diberikan lubang ventilasi untuk mengeluarkan panas dari dalam CPU. Oleh karena itu jangan tuutp rapat casing CPU karena panas dari dalam akan susah untuk keluar yang menyebabkan komponen dalam casing CPU akan menajdi panas, tidak terkecuali hardisk. Jika panas berlebihan maka kinerja dari komponen-komponen di dalamnya pun akan menjadi berkurang dan dampak terburuknya adalah komponen CPU akan rusak. Jika memungkinkan pasang juga kipas tambahan di dalam CPU untuk membantu mendinginkan komponen-komponen CPU.


Demikian beberapa tips untuk merawat hardisk komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimaksih telah membaca artikel ini.
Title: Tips Merawat Hardisk Komputer; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment