Monday, March 3, 2014

Tips Memilih Media Penyimpanan Hardisk atau SSD

Tips Memilih Media Penyimpanan Hardisk atau SSD

Tips memilih media penyimpanan

Bagi sebagian orang mungkin media penyimpanan sangat penting karena mungkin ada alasan seperti didalam media penyimpananya terdapat file yang sangat penting dan mungkin ada alasan lainnya.Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih media penyimpanan.Tetapi pada artikel ini saya hanya akan memberikan beberapa tips untuk memilih media penyimpanan internal pada komputer atau laptop.Kita ketahui bahwa pada media penyimpanan internal komputer atau laptop terdapat dua jenis penyimpanan data internal yaitu hardisk (hdd) dan solid state drive (ssd).

Mungkin ada beberapa dari anda yang bingung untuk memilih media penyimpanan internal mana yang bagus dan cocok untuk kita.Oleh karena itu pada artikel ini saya berusaha memberikan beberapa tips untuk memilih media penyimpanan internal.Apakah anda lebih bagus menggunakan media penyimpanan solid state drive (ssd) atau menggunakan media penyimpanan hardisk (hdd) ? Silahkan simak beberapa tipsnya dibawah ini :
  • Mebutuhkan media penyimpanan yang tahan guncangan
    Perbedaaan hardisk dengan solid state drive adalah tidak ada benda yang berputar didalam solid state drive.Kalau hardisk memang terdapat piringan yag bergerak ketika hardisk digunakan, tetapi berbeda dengan solid state drive.Solide state drive tidak mempunyai piringan yang bergerak ketika digunakan ataupun benda lain yang bergerak ketika digunakan.Jika anda membutuhkan media penyimpanan untuk komputer atau laptop yang tahan guncangan, sebaiknya anda memiih untuk menggunakan solid state drive karena didalam solid state drive tidak ada benda yang bergerak ketika digunakan.

    Ketika menerima guncangan, pada solide state drive tidak ada masalah.Lain halnya kalau hardisk, karena memiliki piringan yang berputar dan jika terkena guncangan maka piringan yang berputar akan tergores, lama-kelamaan menjadi bad sector yang dapat merusak hardisk dan file yang ada didalamnya juga akan hilang.Jika diibaratkan solide state drive sama seperti flashdisk tetapi mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kecepatan pengaksesan filenya juga lebih cepat dari flashdisk.Jika anda memerlukan media penyimpanan yang tahan terhadap guncangan solid state drive adalah media penyimpanan yang cocok untuk anda.
  • Membutuhkan media penyimpanan yang lebih tenang
    Penjelsannya sama seperti diatas.Hardisk memiliki piringan yang berputar ketika digunakan.Jadi ketika anda menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan maka ketika digunakan piringan akan berputar dan menghasilkan bunyi dari putaran piringan tersebut.Walaupun bagi sebagian orang bunyi dari pirngan hardisk itu tidak mengganggu, tetapi bagi anda yang membutuhkan media penyimpanan yang lebih tenang bisa menggunakan media penyimpanan solid state drive.

    Pada solid state drive tidak ada piringan yang berputar ketika digunakan, tepatnya yaitu pada solid state drive tidak ada benda yang berputar atau bergerak.Jadi tentu meda penyimpanan solid state drive akan lebih tenang ketika digunakan daripada media penyimpanan hardisk.
  • Membutuhkan pengaksesan file yang lebih cepat
    Solid state drive merupakan media penyimpanan yang pengaksesan filenya lebih cepat daripada hardisk karena teknologi yang digunakan solid state drive berbeda dengan hardisk.Hal ini juga menyebabkan perbedaan harga pada kedua media penyimpanan tersebut, dimana untuk menciptakan media penyimpanan yang pengaksesan filenya lebih cepat maka digunakan teknologi yang lebih canggih dan tentunya juga lebih mahal.

    Jika anda menginginkan media penyimpanan yang pengaksesan filenya lebih cepat maka media penyimpanan solid state drive adalah media penyimpanan yang bagus untuk anda.Perbedaan yang kelihatan yaitu ketika menghidupkan komputer atau laptop dengan media penyimpanan solid state drive dan hardisk jelas terlihat bahwa komputer atau laptop waktu startup nya lebih cepat ketika menggunakan solid state drive dan ini menunjukkan bahwa akses file dari solid state drive lebih cepat dari hardisk.
  • Membutuhkan transfer file lebih cepat
    Hal ini sama seperti penjelasan diatas yaitu media penyimpanan solid state drive akan lebih cepat mentransfer file daripada hardisk karena teknologi yang digunakan juga berbeda.
  • Membutuhkan kapasitas besar tetapi uang yang dimiliki sedikit
    Jika anda menginginkan media penyimpanan yang besar dengan harga yang terjangkau, anda bisa memilih media penyimpanan hardisk, karena dengan harga yang sama akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang berbeda pada hardisk atau solide state drive.

    Kita akan mendapatkan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang sama kalau kita memilih media penyimpanan hardisk daripada solid state drive.Itu karena teknologi yang digunakan berbeda, dimana teknologi dari media penyimpanan solid stae drive menggunakan teknologi yang lebih canggih dari hardisk.Tetapi jika anda mempergunakan hardisk dengan benar maka hardisk anda akan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Demikian beberapa tips memilih media penyimpanan untuk laptop atau komputer yang cocok untuk anda. Semoga pada artikel ini tips yang saya berikan bermanfaat.Terimakasih telah membaca artikel tentang tips memilih media penyimpanan laptop atau komputer yang cocok untuk anda.Terimakasih.
Title: Tips Memilih Media Penyimpanan Hardisk atau SSD; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

3 comments:

  1. Jangan lupa kunjungi blog saya http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Mantap gan artikel ny, ane sih biasa beli keperluan komputer di www.pasarjaringan.com , brang sma kualitas trjamin deh, ni kontek ny 08999721253 , 7a7b645c , recomended seller deh gan :D

    ReplyDelete