Saturday, March 22, 2014

Tips Memilih Windows 7 atau Windows 8

windows 7 atau windows 8

Windows 7 atau windows 8 ?

Mungkin banyak orang yang bingung ketika memilih untuk menginstal sistem operasi windows, karena akan diberikan dua pilihan antara memilih untuk menginstal sistem operasi windows 7 atau sistem operasi windows 8.Apa perbedaan dari kedua sistem operasi tersebut ? atau bingung memilih untuk menginstal satu dari dua sistem operasi tersebut ?. 

Pemilihan sistem operasi pada laptop atau komputer sangat vital karena jika tidak sesuai harapan maka akan menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih menginstal sistem operasi windows 7 atau sistem operasi windows 8. Simak tipsnya di bawah ini :

Waktu booting
Lamanya waktu booting pada windows 7 mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang karena mungkin ada beberapa alasan. Tetapi pada windows 8 waktu booting sudah dibuat lebih cepat dari windows 7. Jika anda memerlukan sistem operasi yang waktu bootingnya lebih cepat dari windows 7, maka sebaiknya memilih windows 8 daripada windows 7.

Fitur charm 
charm bar windows 8
Pada windows 8 terdapat fitur charm. Dengan fitur charm anda bisa mengakses menu Search, Share, Device, serta Settings dengan mengarahkan pointer ke pojok kanan atas atau menekan kombinasi keyboard win+c maka charm akan tampil di bagian kanan monitor. Lain halnya pada windows 7 karena pada windows 7 tidak ada fitur charm seperti yang ditawarkan pada windows 8. 

Windows store
Perbedaan antara windows 7 dengan windows 8 adalah pada windows 8 terdapat windows store. Windows store adalah bagian dari windows 8 yang menyediakan berbagai aplikasi baik aplikasi gratis maupun berbayar.Fitur windows store ini seperti google play yang ada pada android, jadi bisa mendownload berbagai macam aplikasi dan bisa update aplikasinya lewat windows store. Jika menyukai windows store, sebaiknya pilih sistem operasi windows 8, karena pada windows 7 tidak ada windows store nya.

Fitur reset dan refresh
advanced restart fitur reset dan refresh windows 8
Pada windows 8 terdapat dua fitur baru pada saat hendak menginstal ulang windows. Cara menjalankan fitur ini dengan menjalankan advanced restart. Dua fitur tersebut adalah fitur reset dan refresh.Fungsi dari fitur reset adalah semua data persolan kita akan terapus, aplikasi dan pengaturan juga akan terhapus kemudian baru menginstal ulang windows.

Tetapi pada fungsi refresh semua data personal, aplikasi dan pengaturan akan disimpan kemudian baru menginstal ulang windows. Ini adalah fitur yang menarik dari windows 8. Hal ini karena sangat susah untuk menginstal ulang windows dengan data personal, aplikasi dan pengaturan yang tidak terapus. Fitur ini tidak tersedia pada windows 7, oleh karena itu jika anda tertarik dengan fitur ini maka sebaiknya instal windows 8 dan tentunya juga mempertimbangkan dengan fitur-fitur lainnya.

Kompatibilitas / kecocokan
Hal ini menjadi sangat penting, karena sistem operasi windows 8 tergolong sistem operasi yang baru maka kemungkinan banyak aplikasi yang belum kompatibel / belum cocok dengan sistem operasi ini. Berbeda dengan windows 7 yang sudah lama rilis dan pastinya sebagian besar aplikasi sudah kompatibel dengan windows 7. Tetapi ini akan menjadi masalah waktu saja untuk membuat windows 8 kompatibel dengan banyak aplikasi karena mungkin pihak dari pembuat aplikasi berlomba-lomba untuk membuat aplikasinya supaya komtitabel untuk windows 8.

Demikian beberapa tips untuk memilih antara menginstal windows 7 atau windows 8. Pada artikel diatas adalah sebagian kecil tips dari memilih windows 7 atau windows 8. Jadi keputusan akhir berada ditangan anda untuk memilih windows 7 atau windows 8. 

Semoga artikel tips ini bermanfaat bagi anda dan jika ada kesalahan mohon maaf. Terimaksih.
Title: Tips Memilih Windows 7 atau Windows 8; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. Nice Info jangan Lupa Kunjungi :
    http://rentalsewalaptopsurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete