Thursday, March 27, 2014

Tips Mempartisi Hardisk yang baik dan Proporsional

Tips Mempartisi Hardisk yang baik dan Proporsional

Tips mempartisi hardisk yang baik dan proporsional

Mempartisi hardisk komputer / laptop atau dengan kata lain membagi ruang hardisk menjadi beberapa bagian adalah hal yang sudah diketahui banyak orang. Mungkin ada beberapa orang yang ingin mencoba coba mempartisi hardisknya tetapi pembagian ruang volume hardisk tidak baik dan benar sehingga menyebabkan kekurangan kapasitas pada partisi hardisk ketika ingin menambahkan file baik itu saat menginstal suatu program ataupun menyimpan file-file lainnya. Hal tersebut bisa saja di perbaiki dengan cara menghapus partisi lain (delete) dan menambahkan kapasitas pada partisi hardisk yang hampir penuh (extend) yang ingin ditambahkan aplikasi atau file-file lainnya.

Hal lainnya yaitu jika ada suatu partisi memiliki ruang kosong yang banyak dan ada partisi lain yang ingin ditambahkan kapasitasnya (extend) dengan cara mengambil kapasitas hardisk yang memiliki ruang kosong banyak (shrink) kemudian menggabungkan kapasitas tersebut ke partisi yang akan ditambah kapasitasnya (extend). Tetapi mungkin kebanyakan orang tidak bisa membagi maupun menambah kapasitas hardisknya salah satu penyebabnya mungkin disebabkan karena program windows berjalan pada partisi hardisk tersebut sehingga tidak bisa melakukan proses shrink atau extend dan juga bisa masalah lainnya. 

Jika sudah seperti ini kondisinya maka kita tidak akan bisa melaukan proses shrink atau extend. Oleh karena itu pada saat mempartisi atau membagi ruang hardisk perhitungkanlah kira-kira berapa kapasitas suatu partisi akan diisi file. Setelah menghitungnya maka kalikanlah dengan dua, dan hasilnya itu akan menjadi kapasitas yang baik untuk suatu partisi hardisk karena hardisk akan lebih baik jika ruang kosongnya (free space) lebih dari 30% dengan kata lain misalnya suatu partisi kapasitasnya adalah 100 GB maka sebaiknya file yang diisi ke partisi tersebut maksimal adalah 70 GB. Usahakan jangan sampai ruang kosongnya (free space) dari suatu partisi kurang dari 30 % karena kurang baik untuk hardisk karena file yang terisi hampir penuh dan membuat kinerja hardisk menjadi melambat. 

Tetapi jika sudah memperhitungkan berapa kapasitas dari tiap partisi dan ternyata dilihat dari kapasitas keseluruhan hardisk ternyata kurang, bisa dengan mengurangi kapasitas pada masing-masing partisi dan ingat juga sebaiknya ruang kosong (free space) ketika file diisi ke partisi tersebut ruang kosongnya (free space) lebih dari 30% untuk lebih baiknya. Setelah diperhitungkan dengan matang, barulah membagi partisi hardisk menjadi beberapa bagian dengan perhitungan tadi. Usahakan juga pakai semua ruang pada hardisk untuk dipartisi dan kapasitas setiap partisi itu kita perkirakan saja dan ingat juga perhitungkan untuk menyediakan ruang kosong (free space) lebih dari 30% pada setiap partisi.

Cara mempartisi hardisk, menambahkan ruang pada partisi (extend), mengurangi ruang pada partisi (shrink) dan lain-lain dengan cara :
  1. Klik kanan pada “my computer”.
  2. Lalu klik “manage”.
    Lihat pada gambar dibawah ini, klik untuk memperbesar gambar.
    Tips Mempartisi Hardisk dengan bagus
  3. Lihat di bagian kiri terdapat banyak menu. Tetapi pilih atau klik “disk management”.
    Lihat pada gambar dibawah ini, klik untuk memperbesar gambar.
    Tips Mempartisi Hardisk dengan bagus
  4. Anda sudah berhasil masuk ke pengaturan partisi hardisk atau manajemen disk.
  5. Setalah masuk ke disk management, anda bebas mengatur ruang atau partisi pada hardisk anda

Jika ingin menambahkan kapasitas suatu partisi dengan cara “Extend”. Jika ingin mengurangi kapasitas suatu partisi bisa denga cara “Shrink” dan lain-lain. Anda bisa mencoba-cobanya disana supaya lebih megerti tentang semua fungsi perintah yang ada pada disk management. Tetapi jangan coba-coba untuk meghapus, memformat dan sebagainya di beberapa partisi karena mungkin itu adalah partisi tampat anda menyimpan file-file penting. Atau lebih amannya anda bisa memback up terlebih dahulu semua data-data atau file-file yang penting setelah itu baru coba pelajari fungsi perintah yang ada pada disk management. 

Tetapi dalam hal coba-coba tersebut, saya tidak menyarankan bagi yang pertama kali merubah-rubah setingan atau semacamnya pada windows. Untuk lebih amannya pada artikel selanjutnya saya akan membuat tips untuk membagi partisi hardisk, menambah kapasitas partisi hardisk dan membuat partisi baru.

Demikian beberapa Tips membagi ruang hardisk atau mempartisi hardisk yang baik yang bisa saya berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bisa dijadikan referensi untuk membagi hardisk atau mempartisi hardisk kedepannya. Mohon maaf apabila dalam artikel ini ada kesalahan. Akhir kata saya ucapkan terimkasih.
Title: Tips Mempartisi Hardisk yang baik dan Proporsional; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

1 comment: