Wednesday, April 9, 2014

Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah

Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah

Tips mengubah ukuran partisi hardisk

Kita ketahui bahwa hardisk pada komputer atau laptop akan sangat mudah di kelola jika hardisk di partisi. Pengertian dari partsi hardisk adalah hardisk dibagi menjadi beberapa bagian. Dibagi menjadi beberapa bagian dengan kata lain adalah membaginya secara virtual (lebih mudahnya dibagi secara tidak nyata) dan membagi hardisknya bukan dengan cara memotong hardisknya melainkan membagi secara virtual melalui komputer atau laptop. 

Biasanya pada saat pembelian laptop yang sudah ada sistem operasinya, mungkin dari pihak penjual sudah mempartisi hardisk tersebut dan umumnya di partisi menjadi dua bagian yaitu drive c dan drive d. Tetapi ada juga yang mempartisi hardisknya sendiri dikarenakan beberapa alasan seperti membeli komputer atau laptop yang DOS atau belum memiliki sistem operasi, instal ulang sistem operasi dan lain-lain. 

Tetapi mungkin ada yang drive c atau partisi sistem operasinya sudah hampir penuh, tetapi ingin menginstal aplikasi atau menambahkan file lainnya. Jelas hal tersebut tidak bisa karena kapasitas drive c atau partisi dari sistem operasi (atau partisi lainnya) hampir habis, jadi tidak bisa ditambahkan file apapun dan jika kapasitas pada partisi sistem operasi atau partisi lainnya ingin ditambahkan mungkin ada yang mencobanya melalui “Disk management” tetapi hasilnya pada drive c tidak bisa kapasitasnya di Extend (ditambahkan). 

Penyebab dari kegagalan atau tidak bisa menambahkan kapasitas pada drive c adalah karena kita mengunakan program “Disk management” yag merupakan bawaan dari windows dan pada saat melakukan Extend volume system operasi windows yang ada pada drive c aktif jadi tidak bisa menambah volume atau kapasitas pada drive c. 

Tetapi sekarang sudah ada cara supaya bisa mengubah ukuran partisi hardisk (menambahkan atau mengurangi ukuran partisi hardisk) yang tidak bisa dipartisi dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dan pada artikel ini saya akan memberikan aplikasinya dan cara mengubah ukuran partisi hardisk menggunakan aplikasi tersebut. Langsung saja simak tips untuk mengubah ukuran partisi hardisk yang tidak bisa diubah dibawah ya. Tapi penulis tidak tanggung jawab ya kalau ada kesalahan atau kerusakan akibat menggunakan tips ini. Jadi do with your own risk!

Langkah pertama adalah anda harus mendownload aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition untuk mengubah ukuran partisi hardisk. Silahkan download aplikasinya di bawah ini :

Download AOMEI Partition Assistant ( aplikasi pengubah ukuran partisi hardisk ) 

link download http://www.tusfiles.net/qrlt6xloh5p9

Langkah kedua silahkan instal AOMEI Partition Assistant Standard Edition terlebih dahulu (aplikasi yang tadi di download).

Langkah ketiga adalah buka aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition. Setelah aplikasi tersebut terbuka, maka lakukan langkah-langkah dibawah ini :

Pada langkah-langkah untuk merubah ukuran atau size suatu partisi hardisk di bawah ini saya hanya memberikan cara untuk memperbesar ukuran atau size suatu partisi hardisk menggunakan aplikasi AOMEI jadi jika ingin mencoba-coba fitur lain dari apliaksi ini bisa, tetapi tidak dianjurkan bagi yang tidak bisa berbahasa inggris pasif karena bisa saja file-file penting pada hardisk anda akan terhapus tanpa disengaja. 

Langsung saja simak cara menambah ukuran partisi hardisk yang tidak bisa di extend dibawah ini :
  1. Pada langkah pertama ini kita harus menyediakan ruang kosong yang tidak terpakai untuk partisi hardik (free space).
  2. Klik pada partisi yang akan di ubah ukurannya.
  3. Klik kanan pada partisi tersebut dan klik “Resize Partition”
  4. Setelah itu akan muncul tampilan baru. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

    Untuk memperbesar ukuran partisi hardisk cukup dengan menggeser tanda panahnya ke kanan sedangkan untuk memperkecil ukuran partisi hardisk geser tanda panahnya ke kiri. (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
    tampilan untuk langkah nomor 1 - 5
  5. Setelah mengubah ukuran partisinya kemudian klik “ok”.
  6. Akan muncul lagi tampilan baru. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Klik “Proceed”.
    (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
    tampilan untuk langkah nomor 6 dan 7
  7. Mungkin ada masalah ketika telah mengklik “Proceed” dengan munculnya tampilan seperti pada gambar di atas. Untuk meneruskan proses mengubah ukuran partisinya maka klik “Retry (Recommended)”. Jika tidak muncul tampilan seperti itu maka abaikan saja langkah ini dan langsung menuju langkah selanjutnya.
  8. Selanjutnya klik “yes” untuk memulai (lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya). Dan proses akan berjalan, tunggu sampai selesai dan klik “ok” (lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya)
    (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
  9. Langkah terakhir adalah restart komputer atau laptop anda.

Demikian tips untuk mengubah ukuran suatu partisi hardisk khususnya untuk memperbesar ukuran atau size yang tidak bisa di ubah ukurannya. Semoga pada artikel tips komputer ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel di atas. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Title: Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah; Written by Agus Suarya; Rating: 5 dari 5

40 comments:

  1. Replies
    1. aman gan filenya, tapi klo kurang percaya, bisa download di situs resminya dulu...

      Delete
    2. sy akan memperbesar drive C dari 48GB menjadi 100GB, sementara Drive D free spase 122GB. setelah popup Resize Partition muncul dan sy akan menggeser ke kanan ternyata tidak bisa. solusinya gmn gan. trmkash sebelumnya.

      Delete
    3. maz tomo : jika ingin memperbesar suatu partisi, harus terlebih dahulu menyediakan ruang kosong yang tidak terpakai (istilah di windows yaitu : unallocated). Jadi jika belum ada unallocated maka tidak bisa ditambah drive c nya. Solusinya bisa men "Shrink" (membagi) drive D terlebih dahulu, jika sudah ada partisi yang unallocated, baru drive c bisa ditambah.
      Semoga membantu.

      Delete
    4. sudah gan tapi tetep gak bisa di tambahh

      Delete
    5. kalau tidak bisa ditambah berarti belum ada partisi yang kosong/unallocated gan.

      Delete
  2. udah di coba.. tapi pas resize di drive C, gak muncul langkah nomor 6. dan setelah langkah nomor 5, klik ok tapi malah balik lagi space unlocate nya ke drive sebelumnya. mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setelah melakukan langkah nomor 6 itu, jangan lupa mengklik "apply" di pojok kiri atas. jika belum mengklik apply maka perubahan yang dilakukan tidak akan diproses. Semoga membantu...

      Delete
  3. knpa gk bisa d proses ya mau ganti gpt ke mbr..?? tlong solusi ny gan
    mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sebelumnya, karena pada tutorial ini tidak membahas masalah convert gpt ke mbr. Memang bisa sih convert gpt ke mbr menggunakan aplikasi ini, tetapi saya belum mencobanya. Mungkin bisa mencari referensi di tempat lainnya.

      Delete
  4. Replies
    1. kalau resize partitionya belum nyala mungkin belum memilih partisi yang akan di resize, atau partisinya memang tidak bisa di resize gan.

      Delete
  5. local disk E saya sudah saya bagi dan unallocated nya sebesar 100 GB, tapi local disk C nya kok masih tetep enggak bisa direize gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin waktu membagi local disk E itu belum di apply. Jika belum di apply maka sama saja belum ada partisi yang unallocated. Coba menyediakan partisi yang unallocated dulu.
      Semoga membantu...

      Delete
  6. Kang, yakin ini 100% work?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi AOMEI ini sudah terbukti kok untuk mengubah ukuran partisi pada hardisk. Coba langsung gan :D

      Delete
  7. Gan, kalau nambah partisi Drive C, dapat mengakibatkan "BOOTMRG is MISSING" gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pengalaman menggunakan aplikasi aomei untuk merubah partisi (drive C atau yg lainnya) sih gk ada masalah tuh yg mengakibatkan masalah tsb.
      Semoga membantu. :D

      Delete
  8. Di aplikasi disck C sudah berhasil di perbesar, tapi di windows tetap gak berubah,,,, tolong min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di aplikasi aomeinya itu, setelah merubah ukuran partisi jangan lupa klik Apply (dipojok kiri atas). Semoga membantu :D

      Delete
  9. masih gak bisa resize, gak ada gunaya ne aplikasi, sama juga kayak windows management

    ReplyDelete
  10. gan< nanya dong, kalo me merge partitionnya gimana ya? udah di merge sih tapi statusnya masih logical gak mau aktif dia
    .....

    thanks :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pilih menu Partition -> merge partitions. lalu pilih 2 partisi yang ingin di merge. Oh ya hati2 saat marge partisi ya, lebih baik lagi backup data dulu untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Klo status logical sih gk tau juga ya. Misalnya gk bisa juga, coba gunakan aplikasi lain aja ya. Semoga membantu :D

      Delete
  11. ada resikonya kah bro? soalnya kan dari windows sndiri udah ga bisa di extend nih, trus minta bantuan dr aplikasi AOMEI gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama saya coba sih gk ada masalah bro dan aman aman aja.

      Delete
  12. Mas, kok punyaku barusan tak gedein cnya pas waktu proceed udah ngerestart kan ya kok malah stuck di tulisan merk lenovo??? Gimana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sepanjang pengalaman menggunakan aplikasi ini sih, gk ada masalah apa2 bro.
      Coba restart ulang

      Delete
  13. mas, saya sudah melakukan extend drive e ke drive c pakai aomei, selama proses tidak ada kendala sama sekali, tapi habis itu pcnya saya restart lalu nggak bisa masuk ke windows sama sekali, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. restart ulang coba bro. Pengalaman menggunakan aplikasi ini sih gk ada masalah apa2

      Delete
  14. work!! mantap min makasih sarannya :)

    ReplyDelete
  15. min klo misal udh selesai software nya dihapus gkpp kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bro, klo udah slese bisa kok dihapus softwarenya

      Delete
  16. kalo extend d dari partisi c bisa gak gan

    ReplyDelete
  17. saya udah coba , tapi kok udah restart setelah di liat partisi c tetep aja gak nambah , gimna apa ada solusi lain ?

    ReplyDelete